29 2 jsp1

Rantauprapat, 29 Februari 2024.

Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Rantauprapat, dilakukan rapat Kejurusitaan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Bapak Baginda, S.Ag., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Bapak Ahmad Syafruddin, S.H.I., M.H. dan dihadiri oleh seluruh Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Rantauprapat. Agenda rapat yaitu membahas tentang usulan perbaikan dan pencegahan terhadap masalah – masalah yang timbul didalam praktek Kejurusitaan.

 

29 2 jsp2

Mengingat tugas pokok kejurusitaan yang begitu kompleks dengan permasalahan, jika diuraikan tugas pokok jurusita adalah sebagai berikut :
1. Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Sidang terkait kejurusitaan
2. Menyampaikan pengumuman-pengumuman, teguran-teguran dan pemberitahuan penetap-an atau putusan Pengadilan menurut cara-cara berdasarkan ketentuan undang-undang
3. Melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan
4. Membuat berita acara penyitaan, yang salinan resminya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan
Jurusita berwenang melakukan tugasnya di daerah hukum Pengadilan yang bersangkutan. Tentang wewenang Jurusita sebagaimana ditentukan dalam Pasal 65 (2) UU No. 2 Tahun 1986 dan Pasal 103 (2) UU No. 7 Tahun 1989. Sebagai aparat hukum pendukung pengadilan, tanggung jawab Jurusita/Jurusita Pengganti dalam konteks kelembagaan adalah kepada Ketua Pengadilan dimana secara administratif bertanggung jawab kepada Panitera. Hal ini diatur dalam Pasal 8 Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor : KMA/055/SK/X/1996.

29 2 jsp3
Mengingat begitu banyaknya tugas pokok Jurusita maka timbul juga berbagai macam permasalahan – permasalahan. Oleh sebab itu dilaksanakanlah rapat kejurusitaan dengan tujuan terciptanya kebijakan – kebijakan pimpinan yang memberikan solusi / perbaikan – perbaikan dari permasalahan yang ada pada Jurusita. Hasil rapat Kejurusitaan ini dituangkan dalam bentuk notulen sesuai dengan prosedur mutu tentang Tinjauan Manajemen dan diberikan kepada masing – masing peserta rapat untuk ditindak lanjuti. (it)

  • 781-s-imbalo-rev.jpg
  • 782-s-kaloko-rev.jpg
  • 783-s-erpidesrina-rev.jpg