31082023 disabilitas 1 31082023 disabilitas 2

Sesuai surat Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Medan tanggal 29 Agustus 2023 nomor 1811/KPTA.W2-A/UND.KP.3/VIII/2023 perihal Undangan Pembinaan Bimbingan Teknis Layanan Bagi Penyandang Disabilitas di peradilan agama. Dalam surat itu Ketua PTA Medan mengundang hakim dan pegawai Pengadilan Agama se-Sumatera Utara untuk hadir secara langsung bagi pengadilan agama yang ditunjuk dan sisanya menghadiri secara daring via zoom meeting.

Diawali dengan Pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI. Dihadiri secara langsung oleh Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. selaku Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Badan Peradilan Agama sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Selanjutnya kegiatan diambil alih oleh moderator.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber yang Bernama Joli Afriany, SS., MM. Beliau adalah seorang penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai dosen di beberapa universitas di Medan, Sumatera Utara. Beliau dianggap mampu dan cakap dalam menyampaikan materi tentang Layanan disabilitas. Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan beberapa kebutuhan disabilitas yang harus dipenuhi guna memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas.

Pengadilan Agama Simalungun mengirim beberapa orang untuk menghadiri kegiatan pembinaan dan Bimbingan teknis kali ini. Antara lain ketua Pengadilan Agama Simalungun Yang Mulia Nuzul Lubis, S.H.I., M.A., Panitera Muda Gugatan ibu Umi Ulfah Tarigan, S.H., M.H., seorang petugas PTSP dan seorang security. Mereka dengan seksama mendengarkan materi yang disampaikan narasumber.

 

31082023 disabilitas 3

Selain hadir secara langsung. Di kantor Pengadilan Agama Simalungun pun pegawai hadir secara virtual. Yang dihadiri oleh hakim, panitera, dan pegawai fungsional dan struktural Pengadilan Agama Simalungun. Harapan diadakannya kegiatan ini adalah pengadilan agama khususnya se-wilayah Sumatera Utara dalam memberikan pelayanan kepada para penyandang disabilitas yang berperkara.

  • 784-s-lalumuhammad.jpg
  • 785-s-munzir.jpg
  • 786-s-syaifuddin-rev.jpg
  • 787-s-syafruddin.jpg