1

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di awal tahun 2022 ini, Badilag menggelar evaluasi kinerja tahun 2021 dan menyampaikan program kerja tahun 2022 secara zoom meeting. Kegiatan yang dipandu oleh Sesditjen Badilag Arief Hidayat tersebut diikuti oleh PTA dan PA se Indonesia mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.30 Wib. PTA Medan sendiri mengikutinya di command center yang dihadiri Ketua H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Abdullah, Panitera H. Abdul Wahid dan Sekretaris H. Hilman Lubis.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber atau pemateri adalah Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Beliau menyebut bahwa evaluasi kinerja ini sangat penting agar dapat diketahui capaian satuan kerja selama tahun 2021. Dengan ini, katanya lagi, masing-masing satuan kerja dapat melihat dan bisa memetakan dimana kelemahan atau kekurangan supaya diperbaiki pada tahun 2022. “Evaluasi kinerja tahun 2021 dimaksudkan untuk melihat capaian setiap satuan kerja dan agar dibenahi apabila ada kekurangan supaya lebih berprestasi tahun 2022,” ungkap H. Aco Nur waktu itu.

2

Lalu, sebagai tindaklanjut atas evaluasi tersebut, PTA Medan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh PA yang berjumlah 22 satuan kerja secara virtual yang digelar pada hari Rabu (12/01). Hadir Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Abdullah, Panitera H. Abdul Wahid dan Sekretaris H. Hilman Lubis. Dalam paparannya, H. Abd. Hamid Pulungan terlebih dahulu menyampaikan tentang postingan pada mesia sosial seperti facebook, instagram maupun twitter. Baru-baru ini Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI YM. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. menyampaikan ada warga pengadilan yang membuat postingan yang tidak sesuai dengan norma kepatutan. Dan hal ini bisa menimbulkan pemahaman yang menjurus kepada SARA dan lain-lain.

“Saya minta kepada warga PA di Sumatera Utara agar berhati-hati dalam membuat postingan di media sosial. Jangan ada yang memposting tentang SARA atau yang lainnya yang bertentangan dengan Undang-Undang ITE,” kata H. Abd. Hamid Pulungan dengan tegas.

Selanjutnya, H. Abd. Hamid Pulungan memulai paparannya yang diawali tentang SIPP. Disebutkannya, PTA Medan berhasil memperoleh peringkat 3 SIPP pada tahun 2021 yang lalu. Dan hal ini, lanjutnya lagi, akan dipertahankan pada tahun 2022, bahkan diusahakan agar meningkat posisinya menjadi peringkat 1. Sedangkan untuk SIPP PA, dirinya memuji PA Sibuhuan dan PA Kisaran serta PA Stabat, di mana masing-masing menempati peringkat 1, peringkat 2 dan peringkat 8. Beliau meminta kepada PA yang lain supaya berpacu agar nilai SIPP berada pada peringkat 10 besar. “Saya harap PA yang belum menunjukkan kinerja yang bagus tentang SIPP, supaya memetakan kekurangannya agar peringkatnya menjadi 10 besar,” pinta H. Abd. Hamid Pulungan.

Selain menyoroti tentang kinerja selama tahun 2021 seperti pengelolaan website, penilaian kinerja triwulan dan lain-lain, H. Abd. Hamid Pulungan meminta semua PA supaya ruangan mediasi dibuat sedemikian rupa seperti yang diterapkan di PA Pariaman. Ruangan mediasi ini, sambungnya lagi, harus mencerminkan suasana yang sejuk dan menggambarkan kedamaian. Sehingga, para pihak yang berperkara dapat mengurungkan niatnya untuk bercerai dan damai kembali. “Buatlah ruangan mediasi seindah mungkin yang mencerminkan suasa damai agar suami istri yang ingin bercerai membatalkan niatnya dan rukun kembali. Ruangan mediasi itu harus memuat gambar-gambar ini,” kata H. Abd. Hamid Pulungan sambil memperlihatkan gambar dimaksud.

Setentang banner mengenai program Badilag dan banner BerAkhlak, H. Abd. Hamid Pulungan meminta supaya dibuat sesuai dengan contoh yang dibuat Badilag. Pembuatan banner ini, kata H. Abd. Hamid Pulungan, harus selesai paling lambat tanggal 21 Januari 2022.  Hal ini karena Badilag akan melakukan sidak secara zoom pada akhir bulan Januari 2022. “Pembuatan banner program Badilag tahun 2022 dan banner BerAkhlak harus selesai secepatnya untuk mengantisipasi sidak Badilag pada akhir bulan ini,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Dalam pemaparannya tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan tidak lupa menyapa PA yang memiliki prestasi dan memberi semangat supaya berkomitmen untuk memajukan satuan kerja. Bahkan, dirinya meminta peserta zoom untuk berdiri guna difoto. Sosialisasi hasil evaluasi kinerja tahun 2021 tersebut berjalan lancar dan tertib dan ditutup pada pukul 15.30 Wib. (ahp)

  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg