IMG 20220118 WA0001

Pusdiklat Menpim Balitbangkumdil Mahkamah Agung RI gelar Champion Meeting yang dilaksanakan di Hotel The Stones Kuta Bali selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 14 – 16 Januari 2022. Pelaksanaan Champion Meeting ini diikuti para juara se Indonesia yang berjumlah 530 orang dari 4 (empat) lingkungan peradilan di bawah MA. Dari PTA Medan sendiri terdapat beberapa orang sebagai champion antara lain Kasubbag Keuangan dan Pelaporan Annang Achminata Hadi Eka Prasetyo, S.Kom. Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Muhammad Syahrur Ramadhan, S.H, M.H. Selain itu, ada juga yang berasal dari PA  yaitu Ketua PA Kabanjahe Sri Armaini, S.H.I., M.H. Panitera PA Medan Muhammad Yasir Nasution, MA dan lain-lain.

Yang diundang untuk mengikuti champion meeting tersebut, bukan hanya para champion. Tapi diundang juga para penguji dan undangan lainnya. Salah seorang dari penguji tersebut adalah Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan.

Ketua MA Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyebutkan, champion meeting sejalan dengan visi MA yaitu untuk mewujudkan Badan Peradilan yang Agung. “Salah satu komponen penting dalam merealisasikan visi MA adalah peningkatan kualitas kompetensi sumber daya manusia yang dijalankan oleh Balitbang Diklat Kumdil”, tutur Ketua MA Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dalam sambutannya saat menghadiri Champion Meeting pada Jumat 14 Januari 2022 di Grand Ballroom The Stone Hotel, Kuta Bali.

IMG 20220118 WA0000

Dalam pembukaan champion meeting Ketua MA mengatakan bahwa mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya, jika dalam satu tahun kita mampu menyelenggarakan pelatihan untuk belasan ribu aparatur. Ternyata dengan pemanfaatan teknologi, Balitbang Diklat Kumdil, melalui Pusdiklat Menpim pada tahun 2020 berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah output sebanyak 16.893 peserta pelatihan. Hal itu memberikan pelajaran bagi kita bersama, bahwa di balik kesulitan akibat munculnya pandemi ada hikmah kebaikan yang bisa kita petik, sepanjang kita berani untuk keluar dari kesulitan itu.

Lebih lanjut mantan Kepala Badan Pengawasan MA ini menyatakan pencapaian tersebut merupakan buah karya terbaik yang diberikan oleh Dr. Zarof Ricar selaku Kepala Balitbang Diklat Kumdil MA yang pada bulan Januari 2022 ini akan menuntaskan pengabdiannya untuk memasuki masa purnabakti.

Acara champion meeting ini dihadiri oleh Ketua MK Dr. Anwar Usman, S.H., M.H, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Ketua kamar, Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango, Hakim Agung dan Hakim MK,  Pejabat Eselon I, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama seluruh Indonesia serta perwakilan dari MURI.

IMG 20220118 WA0002

Lalu, pada farewell party champion meeting yang dilaksanakan di Discovery Kartika Plaza Kuta Helipad, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan diberi kepercayaan oleh Panitia untuk menyampaikan testimoni tentang champion meeting tersebut. Dalam kesempatan itu, H. Abd. Hamid Pulungan mengungkapkan bahwa Kemenpim MA telah berhasil mencetak para champion yang menjadi kebanggan kita bersama. “Champion meeting ini adalah wujud keberhasilan Kemenpin MA dalam mencetak SDM unggul yang menjadi harapan kita bersama. Selamat dan sukses kepada Kemenpim MA,” kata H. Abd. Hamid Pulungan yang disambut tepuk tangan meriah para champion.

Farewell party champion meeting yang digelar dipinggir pantai Kuta tersebut dilaksanakan door prize dengan menggunakan alat undi aplikasi whell of games. Salah satu peraih door prize adalah H. Abd. Hamid Pulungan yaitu menginap di Hotel Kempinski Bali untuk selama 2 (dua) malam. (ahp)

  • 803-d-parluhutan.jpg
  • 804-s-khairuddin.jpg
  • 805-s-rafiuddin.jpg
  • 806-s-hilman-lubis.jpg