1

Binjai │ www.pa-binjai.go.id

Kamis, 2 Desember 2021, aparatur Pengadilan Agama Binjai melaksanakan kegiatan pembinaan mental yang rutin dilaksanakan setiap Kamis mulai pukul 08.30 Wib di Musholla Al Mizan Pengadilan Agama Binjai. Pada kamis ini selaku penceramah adalah Bapak Mhd. Taufik, S.H.I., Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai dan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Aida, S.Ag., PPNPN Pengadilan Agama Binjai.

1

Dalam tausiyahnya, Wakil Ketua Pengadilan Agama Binjai menyampaikan makna yang terkandung dalam surat Al Hujurat Ayat 13, “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seseorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti”. Kemudian beliau menyampaikan bahwasannya sesama manusia harus saling menjalin ukhuwah. Ada 4 (empat) tingkatan ukhuwah yang masing-masing ada ukurannya, yaitu :

  1. Ta’aruf artinya saling mengenal. Tahap awal adalah berkenalan untuk lebih mengenal karakter individu masing-masing, baik secara jasadiyah maupun nafsiyah.
  2. Tafahum artinya saling memahami. Setelah saling mengenal tahapan selanjutnya adalah saling memahami satu dengan yang lainnya. Kita sudah mengenal kekurangan dan kelebihan seseorang.
  3. Ta’awun artinya saling menolong. Saling membantu sesama muslim dalam kebaikan adalah kebahagiaan tersendiri. Membantu bukan lagi menjadi beban dan kebiasaan, namun sudah menjadi satu kesatuan dengan diri kita.
  4. Takaful artinya saling menanggung. Rasa sedih dan senang diselesaikan bersama. Ketika ada seseorang yang mempunyai masalah, maka kita ikut menanggung dan menyelesaikan masalah tersbut. Bukan sekedar simpati, namun lebih ke empati. Bukan semata prihatin dan ikut mendoakan, tapi bergerak mengulurkan tangan, memberi bantuan, memudahkan dan melapangkan urusan.

1

Acara dilanjutkan dengan bimbingan dan arahan dari Ketua Pengadilan Agama Binjai Ibu Helmilawati, S.H.I., M.A. Dalam bimbingannya beliau mengajak seluruh aparatur Pengadilan Agama Binjai untuk menerapkan tingkatan ukhuwah ini dalam kehidupan bermasyarakat maupun dikantor. Dengan menerapkan tingkatan ukhuwah ini semua masalah dan pekerjaan yang ada, akan dapat diselesaikan dengan baik. Satu hal lagi yang perlu dijaga adalah komunikasi, baik itu antara pimpinan dan pegawai maupun komunikasi antara sesama pegawai. Dengan komunikasi yang baik semua akan tercipta kerjasama yang baik sehingga tercipta sinergitas antara yang satu dengan lainnya. “Bersama-sama kita pasti bisa merubah Pengadilan Agama Binjai menjadi lebih baik”, ujar beliau (Tim IT PA Binjai) 

  • 807-d-bahrin.jpg
  • 808-d-syukron.jpg
  • 809-d-syarifuddin.jpg
  • 900-d-parlan.jpg
  • 901-s-basuni.jpg
  • 901-s-mazharuddin.jpg
  • 902-s-syaifuddin.jpg
  • 903-s-syaiful.jpg
  • 904-s-abdullah.jpg
  • 905-s-nurhayati.jpg
  • 906-s-jamaluddin.jpg