Medan (21 Mei 2024). Kasubbag PTIP PA Lubuk Pakam, Liana Roslin Lubis, S.H., M.H. dan Pranta Komputer PA Lubuk Pakam, Eddy Supriadi, S.Kom mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan JDIH Mahkamah Agung Wilayah Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa, Medan.

 


Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Kepala Biro Hukum dan Humas BUA Mahkamah Agung RI Nomor : 104/Bua.6/TI1.1/V/2024 perihal Undangan Luring Bimtek.


Bimtek dimulai dengan Pembukaan Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan JDIH Mahkamah Agung Wilayah Sumatera Utara dan sambutan oleh Dr. Sobandi, S.H., M.H., Kepala Biro Hukum dan Humas MA.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan bimtek ini adalah memaksimalkan penerapan aplikasi JDIH di masing-masing satuan kerja (satker), karena masih ada satker yg belum menginstal aplikasi tersebut. Mahkamah Agung pada tahun 2023 berhasil mendapatkan juara 3 dalam implementasi JDIH. Sehingga, pada tahun 2024 ini, Mahkamah Agung RI serta seluruh Badan Peradilan di bawahnya wajib menginstal JDIH.



Agenda selanjutnya adalah pemaparan materi tentang Peran BPHN sebagai Pembina Nasional JDIH dan perkembangan JDIH Terbaru, yang disampaikan oleh Jonny Pesta Simamora, S.I.P., M.Si, Kepala Pusat JDIHN Kemenkumham RI.

Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan beberapa hal, seperti tujuan dibuatnya JDIH, maksud dari dokumen hukum, anggota JDIH, serta penjelasan Perpres 33 tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.


Agenda berikutnya adalah Pemaparan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 92/KMA/SK/III/2022 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya oleh Rio Satria, S.H.I., M.E.Sy., Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas.

Agenda terakhir pada bimtek ini adalah Pemaparan Penguatan Metadata JDIH yang disampaikan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI.

  • 781-s-imbalo-rev.jpg
  • 782-s-kaloko-rev.jpg
  • 783-s-erpidesrina-rev.jpg