WhatsApp Image 2024 05 22 at 10.59.06

Kepala Sub Bagian PTIP Lisna Sofianti, S.H dan Fisya Wulan Sari, A.Md., Arsiparis pada Pengadilan Agama Tebing Tinggi menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Mahkamah Agung Republik Indonesia Wilayah Sumatera Utara, dengan tema: Penguatan Peran Anggota JDIH Mahkamah Agung untuk Mendukung Basis Data Informasi Hukum. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Urusan Administrasi Mahkamah RI, Selasa (21/05/2024) di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa. 

 

WhatsApp Image 2024 05 22 at 10.59.051

Kegiatan dibuka secara resmi oleh bapak Dr. H. Sobandi, S.H., M.H., Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI. Dilanjutkan dengan sesi pertama pemaparan materi yang disampaikan oleh bapak Jonny Pesta Simamora, S.I.P., M.Si., selaku Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional. Beliau menyampaikan materi tentang Peran Badan Pembinaan Hukum Nasional sebagai Pembina Nasional JDIH dan Perkembangan JDIH Terbaru. Mahkamah Agung RI saat ini memperoleh penilaian kategori peringkat  95 “Eka Acalapati” dalam pengelolaan informasi hukum, Dengan meningkatnya kompetensi pengelola JDIH, diharapkan akan meningkat kualitas dokumen dan informasi yang diberikan kepada masyarakat.

WhatsApp Image 2024 05 22 at 10.59.05 1

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh bapak Rio Satria, S.H.I., M.E.Sy. selaku Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung RI mengenai Pemaparan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 92/KMA/SK/III/2022 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan “Salah satu tujuan JDIH adalah menjamin ketersediaan dokumen dan informasi hukum secara terpadu dan terintegrasi serta terjamin validitasnya”. ucap beliau.

WhatsApp Image 2024 05 22 at 10.59.05 2

Sesi terakhir, materi disampaikan oleh bapak Diden Priya Utama, S.Kom., selaku Pranata Komputer Muda Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terkait pengelolaan metadata Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum. Sesi diakhiri dengan tanya jawab bersama peserta bimtek baik luring maupun daring. Kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu bagimu negeri.

  • 781-s-imbalo-rev.jpg
  • 782-s-kaloko-rev.jpg
  • 783-s-erpidesrina-rev.jpg