1

Pelaksanaan desk evaluasi oleh tim penilai nasional (TPN) Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi dalam pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM semakin dekat. Menurut informasi, pelaksanaan desk evaluasi akan berlangsung mulai pertengahan bulan Oktober 2021. Desk evaluasi tersebut akan digelar secara daring mengingat pandemi covid-19 belum mereda.

Dengan memperhatikan hal tersebut, PTA Medan melaksanakan pendampingan uji coba presentasi terhadap 7 (tujuh) PA yang akan mengikuti desk evaluasi yaitu PA Stabat, PA Lubuk Pakam, PA Kabanjahe, PA Tanjung Balai, PA Balige, PA Tarutung dan PA Kota Padangsidempuan. Dan PTA Medan sendiri pun ikut dalam latihan presentasi. Uji coba presentasi digelar pada hari Selasa – Rabu (21 – 22/09) di Lt. III PTA Medan.

2

Hadir Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Abdullah dan tim evaluator yang terdiri dari H. Syaifuddin dan H. Basuni. Dan yang bertindak sebagai moderator adalah Panitera H. Abdul Wahid. Selain itu, hadir 7 (tujuh) Ketua PA dengan pendampingnya yang mengikuti uji coba presentasi.

Dalam arahannya, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menyebutkan bahwa kegiatan uji coba presentasi sangat penting sebagai latihan dalam mempresentasikan pembangunan zona integritas di depan TPN Kementerian PAN dan RB. Menurutnya, dengan uji coba  tersebut akan memahirkan kemampuan presentasi ketika tiba waktunya.

“Uji coba presentasi ini sangat penting guna melatih diri tampil dengan baik ketika presentasi di depan TPN Kementerian PAN dan RB, oleh sebab itu usahakan tampil dengan sebaik-baiknya,” kata H. Abd. Hamid Pulungan menyarankan.

“Semakin sering latihan akan semakin baik karena tampil presentasi di depan TPN Kementerian PAN dan RB tanpa latihan adalah awal kegagalan,” papar H. Abd. Hamid Pulungan.

3 6 4

Pada hari pertama yaitu hari Selasa (21/09) tampil 4 (empat) pimpinan pengadilan yaitu Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Ketua PA Stabat Febrizal Lubis, Ketua PA Lubuk Pakam Hj. Dian Ingrasanti Lubis dan Ketua PA Kabanjahe Sri Harmaini. Dengan demikian masih tersisa 4 (empat) PA lagi yang akan tampil esok hari masing-masing adalah Ketua PA Kota Padangsidempuan Arif Hidayat, Ketua PA Tanjung Balai Rosyid Mumtaz, Ketua PA Tarutung H. M. Jazuli dan Ketua PA Balige Ramsyah Sihombing.

Atas penampilan uji coba presentasi yang berdurasi sekitar 20 menit tersebut, masing-masing evaluator memberikan komentar maupun saran perbaikan. “Penampilannya terlalu monoton dan semestinya harus dinamis,” kata Wakil Ketua PTA Medan H. Abdullah memberikan saran terhadap salah seorang peserta uji coba.

7

Uji coba presentasi pembangunan zona integritas sebagai simulasi penampilan di depan TPN Kementerian PAN dan RB berjalan dengan tertib dan lancar. Diharapkan, dengan uji coba ini akan tampil prima ketika presentasi pada saatnya nanti, semoga. (ahp)

  • 807-d-bahrin.jpg
  • 808-d-syukron.jpg
  • 809-d-syarifuddin.jpg
  • 900-d-parlan.jpg
  • 901-s-basuni.jpg
  • 901-s-mazharuddin.jpg
  • 902-s-syaifuddin.jpg
  • 903-s-syaiful.jpg
  • 904-s-abdullah.jpg
  • 905-s-nurhayati.jpg
  • 906-s-jamaluddin.jpg