1

Pada hari Selasa (23/11) Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan bersama dengan dengan Hakim Tinggi H. Syaifuddin dan Sekretaris H. Hilman Lubis berkunjung ke Ombusdman RI perwakilan Sumatera Utara dan diterima langsung oleh Kepala Ombusdman Abyadi Siregar bersama staf di ruang kerjanya.

Tujuan dan maksud kunjungan ini untuk silaturrahmi dan guna membangun koordinasi yang baik di antara kedua Instansi agar PTA Medan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pencari keadilan maupun pelayanan kepada stakeholder yaitu PA yang berjumlah 22 satuan kerja. Hal ini sangat penting guna mewujudkan Pengadilan yang melayani sesuai dengan SOP yang ditetapkan.

Pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab tersebut, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menjelaskan maksud dan tujuan kunjungannya ke Ombusdman. Sebelumnya, H. Abd. Hamid Pulungan memperkenalkan dirinya dan tim yang menyertainya. “Selamat pagi Pak, saya dan teman datang ke sini untuk silaturrahmi sekaligus ingin menjelaskan capaian kinerja yang telah kami raih selama ini dan mohon saran dan masukan agar kinerja kami lebih baik lagi pada masa yang akan datang,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan memulai pembicaraan.2

Lebih lanjut dijelaskan oleh H. Abd. Hamid Pulungan, PTA Medan telah menetapkan SOP yang menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas antara lain SOP tentang penanganan perkara banding yaitu harus diselesaikan paling lama 1 (satu) bulan. Selain itu harus menerapkan one day minut, one day publish dan one day sent. “Tentang penanganan perkara yang kami lakukan selama ini dapat dilihat prosesnya pada SIPP PTA Medan,” ujar H. Abd. Hamid Pulungan menjelaskan.

Kemudian, sambung H. Abd. Hamid Pulungan, PTA Medan sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI telah melaksanakan pembinaan dan pengawasan secara berkesinambungan kepada 22 PA yang berada di Sumatera Utara. Hasil dari pembinaan dan pengawasan ini telah membuahkan hasil yaitu terdapat beberapa PA yang meraih prestasi yang membanggakan. Antara lain, PA Pematangsiantar yang meraih peringkat satu nasional tentang gugatan sederhana pada waktu memperingati HUT MA ke 76 bulan Agustus 2021 yang lalu. Dan PA Sibuhuan yang selalu peringkat satu nasional sepanjang tahun 2021 dalam penanganan perkara yang dirilis pada SIPP. H. Abd. Hamid Pulungan juga menginformasikan bahwa PTA Medan dan 7 (tujuh) PA ikut pembangunan zona integritas untuk meraih WBK/WBBM. ‘Mohon do’a semoga berhasil meraih WBK tahun 2021 ini,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Sementara itu Kepala Ombusdman perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar menyambut dengan ramah tamunya dan ia pun memperkenalkan diri maupun staf yang mendampinginya. “Selamat datang di Ombusdman perwakilan Sumatera Utara dan saya sangat senang atas kedatangan pimpinan PTA Medan ini,” ujar Abyadi Siregar seraya memperkenalkan stafnya.

Abyadi Siregar menjelaskan, dirinya bangga atas pemaparan yang disampaikan H. Abd. Hamid Pulungan tentang capaian kinerja yang diraih PTA Medan maupun 22 PA yang ada di Sumatera Utara. Ia menyarankan agar selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wujud pertanggungjawaban publik supaya masyarakat merasa puas atas pelayanan selama ini. Lembaga yang dipimpinnya akan mengawal dan selalu mengawasi atas kinerja Lembaga maupun Instansi atas layanan kepada masyarakat.

“Ombusdman mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh PTA Medan dan PA di Sumatera Utara sesuai Pasal 1 UU Nomor 37 tahun 2008 tentang Ombusdman,” papar Abyadi Siregar.

Abyadi Siregar mendukung sepenuhnya tentang PTA Medan dan 7 (tujuh) PA yang ikut pembangunan zona integritas seraya menyarankan agar seluruh aparatur untuk mencegah korupsi, kolusi dan gratifikasi sebagai komitmen pimpinan mewujudkan Pengadilan yang bersih dan melayani. “Selamat dan sukses ikut pembangunan zona integritas semoga meraih WBK,” ujar Abyadi Siregar.  2

Di pengujung pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut dilaksanakan foto bersama dan pemberian cendera mata. (ahp)

  • 807-d-bahrin.jpg
  • 808-d-syukron.jpg
  • 809-d-syarifuddin.jpg
  • 900-d-parlan.jpg
  • 901-s-basuni.jpg
  • 901-s-mazharuddin.jpg
  • 902-s-syaifuddin.jpg
  • 903-s-syaiful.jpg
  • 904-s-abdullah.jpg
  • 905-s-nurhayati.jpg
  • 906-s-jamaluddin.jpg